Usaha Ternak, Peluang Bisnis Modal Kecil dengan Hasil Nyata

Spread the love

Berbisnis menjadi salah satu cara untuk bisa memperoleh penghidupan. Memang berbisnis tidaklah mudah, namun jika membayangkan kesuksesan dan keuntungan maka dunia bisnis selalu mampu menggiurkan. Kini sudah banyak sekali peternak hewan yang sukses di banyak kota. Namun untuk menjalaninya memang diperlukan keseriusan karena yang diperjualbelikan di sini adalah makhluk hidup. Usaha ternak termasuk peluang bisnis modal kecil yang bisa Anda tekuni.

Jika boleh jujur, untuk usaha ternak yang serius memang butuh modal besar. Namun tentu Anda boleh memulainya dengan modal minim dan jumlah ternak yang tak banyak terlebih dulu. Hal ini sebagai pembelajaran dan permulaan sehingga tidak perlu buru-buru untuk memulai dengan langkah besar. Berikut ini beberapa jenis usaha ternak yang berpeluang sukses:

Ternak kambing

Yang pertama ada ternak kambing yang merupakan usaha dengan peluang sukses. Pada dasarnya banyak yang mengatakan jika usaha ternak kambing ini adalah usaha yang dapat dikatakan tidak akan rugi. Namun jangan termakan kata-kata demikian karena apapun alasannya kegagalan bisa saja menimpa siapapun misalnya ketika hewan sakit, kurang makan dan lain sebagainya. Permintaan hewan paling banyak umumnya adalah ketika menjelang Idul Adha sehingga peternak umumnya bisa menghasilkan uang dalam waktu cepat di waktu tersebut.

Ternak bebek

Banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh unggas ini. Tak hanya dagingnya yang banyak dicari, namun telur dari bebek juga dibanderol dengan harga mahal di pasaran. Dibanding jenis unggas lain seperti ayam ataupun burung puyuh, bebek lebih bisa tahan terhadap stres sehingga tingkat kesehatan dan kehidupannya pun berpeluang lebih besar. Jika Anda bisa merawat dengan baik disertai manajemen yang maksimal, maka Anda bisa usaha ternak untuk bebek petelur hingga bebek pedaging. Dengan memulainya kecil-kecilan, maka bisa jadi peluang bisnis modal kecil.

Ternak kelinci

Memang permintaan akan daging kelinci tidak sebesar daging sapi, daging kambing atau daging ayam. Namun tetap saja masih banyak yang menyukai daging kelinci ini. Jika tidak ingin beternak kelinci untuk dimakan, maka Anda juga bisa beternak kelinci yang dijual untuk dijadikan hewan piaraan. Kelinci amat mudah didapat dengan bahan makanan yang cenderung murah sehingga mudah juga perawatannya.

Ternak ikan hias

Penghobi ikan juga mungkin bisa mencoba untuk berbisnis ternak ikan hias karena prospeknya yang begitu menjanjikan. Selain ternak ikan ini minim resiko, modalnya juga tidak harus dengan nominal besar. Anda bisa menyediakan ikan murah yang pangsa pasarnya adalah anak-anak sekolah hingga ikan hias mahal sekelas arwana dan lainnya untuk para kolektor ikan hias di luar sana.

Ternak kroto

Pernah membayangkan untuk ternak kroto? Jangan salah karena usaha ini juga banyak untungnya. Modalnya tidak banyak dengan permintaan yang begitu besar di pasaran membuat usaha ini akan sukses. Harga per kilo kroto di pasaran saat ini ada di kisaran 250 ribuan, padahal modalnya tidak sedemikian besar.

Itulah beberapa jenis usaha ternak yang bisa Anda coba lakoni. Memang di awal pastilah akan ada banyak sekali kesulitan, meski begitu usaha ternak ini termasuk peluang bisnis modal kecil yang sangat berprospek karena hampir semua orang selalu membutuhkannya. Mengingat Anda bekerja bersama para hewan, maka sangat disarankan untuk selalu mengecek kesehatan para hewan sehingga bisa selalu fit dan prima.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*