Tips Hemat Memori Internal Samsung J3 Agar Tidak Mudah Penuh

Spread the love

J3 merupakan salah satu produk smartphone Samsung yang mulai di produksi tahun 2015. Meskipun kini sudah muncul beragam smartphone baru dari Samsung, namun pengguna J3 masih banyak seiring dengan fitur menarik yang disematkan dalam smartphone ini. Masalah yang sering muncul dalam penggunaan smartphone ini adalah memori internal yang sering penuh karena sejatinya, memori internal smartphone ini hanya 8 GB. seperti yang dibahas oleh mobilityfeeds yang mengatakan bahwa hp j3 merupakan hp berkualitas. Nah, pada kesempatan ini, kita akan membahas tentang tips hemat memori internal Samsung J3 yang bisa membantu anda. Simak beberapa tips di bawah ini.

Beberapa tips menghemat memori internal

Adanya keterbatasan memori internal pada Samsung J3 memang akan membatasi keinginan anda untuk menginstall beberapa aplikasi yang anda inginkan. Memori internal yang sering penuh juga akan mengganggu stabilitas smartphone yang tentu saja akan membuat smartphone menjadi lebih lambat. Nah, berikut ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dengan mudah untuk melegakan memori internal J3.

     Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi memang merupakan sumber dari penuhnya memori internal dari smartphone anda. Dalam hal ini, salah satu cara hemat memori internal Samsung J3 yang bisa anda lakukan adalah dengan menguninstall aplikasi yang tidak terpakai dalam smartphone tersebut.

Coba lihat daftar menu yang ada pada smartphone Samsung J3 anda. Dengan begini, anda bisa menilai mana saja aplikasi yang sering anda buka, sering digunakan dan mana yang jarang. Jika ada aplikasi yang hanya terinstall tanpa digunakan, maka sebaiknya anda hapus saja aplikasi tersebut. Hal ini akan meringankan beban dari memori internal anda yang memang sudah terbatas dari awal.

     Memindah aplikasi ke SD card

Samsung J3 dilengkapi dengan slot SD card yang bisa diberikan memori dengan kapasitas yang cukup besar. Adanya SD card ini tentu saja sangat membantu untuk menyediakan ruang penyimpanan yang lebih lega pada smartphone J3 anda.

Nah, dalam hal ini, anda bisa memindah aplikasi yang di install ke SD card. Ini adalah salah satu tips hemat memori internal Samsung J3 yang bisa dilakukan dengan sangat mudah. Lalu, bagaimana cara untuk memindah aplikasi ke SD card? Caranya adalah dengan mengklik menu setting, pilih apps dan pilih moveable apps. Selain itu, anda juga bisa memindah aplikasi dengan menggunakan aplikasi terkait, seperti App2SD atau move apps.

     Menyimpan file pada memori eksternal

Seringkali kita tidak sadar bahwa file yang kita download atau terima dari perangkat lain tersimpan dalam memori internal. Dalam hal ini, biasanya file yang dikirim melalui WhatsApp akan secara otomatif masuk di ruang penyimpanan internal smartphone anda. Nah, dengan memori Samsung J3 yang sangat terbatas, tentu hal ini merupakan sesuatu yang merugikan.

Oleh karena itu, biasakan untuk menyimpan seluruh data pada memori eksternal yang anda tambahkan. Ini adalah cara yang paling aman untuk menjaga memori internal agar tetap lega. Selain itu, setting beragam aplikasi yang ada di dalam smartphone anda dengan menempatkan download media pada memori eksternal. Dengan cara hemat memori internal Samsung J3 ini, tentu masalah memory penuh tidak akan terjadi lagi.

Beberapa tips hemat memori internal Samsung J3 dapat menjadi solusi dari masalah memori internal penuh yang seringkali terjadi pada smartphone J3 karena memori internal smartphone ini memang terbatas. Jika anda ingin membeli smartphone ini, silakan coba cek harga hp Samsung untuk mengetahui update harga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*