Penuhi Syarat Berikut Ini untuk Dapatkan Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan

Spread the love

Rumit menjadi kata utama yang pastinya Anda tahu ketika berencana meminjam dana ke bank. Syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk bisa meminjam uang di bank memang sangat banyak sehingga cukup merepotkan. Namun apalah daya jika memang sudah jadi kebutuhan sehingga semua proses yang rumit tersebut mau tidak mau harus dilewati. Pada dasarnya untuk mendapatkan pinjaman tunai tanpa jaminan sebetulnya tidak terlalu rumit, apalagi jika Anda adalah seorang nasabah yang baik dalam pengaturan keuangan.

Pinjaman tanpa jaminan banyak dikenal dengan nama KTA. Produk ini memang produk yang banyak diincar oleh masyarakat lantaran tanpa menggunakan jaminan namun bisa meminjam uang. Berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui untuk bisa mendapatkan pinjaman KTA:

Penuhi persyaratan

Hal pertama dan utama yang perlu dilakukan ketika mengajukan KTA adalah dengan memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Ada beberapa syarat umum yang diperlukan mulai dari fotokopi KTP, KK, kartu kredit, slip gaji hingga rekening koran. Setelah semuanya dimiliki, selanjutnya langsung datang ke bank dan isi form aplikasinya.

Cantumkan NPWP

Pada dasarnya ada bank yang mewajibkan para nasabahnya untuk memiliki NPWP dan ada pula yang tidak. Namun jika Anda berencana mengajukan pinjaman tunai tanpa jaminan dengan jumlah angka yang besar, maka NPWP ini sangat dibutuhkan. Dengan memiliki NPWP, maka nasabah terkait berarti taat terhadap pajak sehingga prosesnya biasanya dimudahkan.

Perhatikan kartu kredit

Dalam pengajuan KTA, nasabah diwajibkan untuk memiliki kartu kredit setidaknya dengan kepemilikan selama minimal 1 tahun atau 2 tahun. Syarat kartu kredit ini adalah syarat wajib. Namun tentunya hal ini bisa jadi senjata makan tuan jika Anda memiliki catatan kredit buruk pada pembayaran kartu kredit sehingga bisa jadi masalah baru.

Pahami batas kreditnya

Ketika pengajuan KTA, sangat penting untuk Anda dalam mengetahui batas limit dari kreditnya. Biasanya untuk limit sendiri bank akan menentukan dari segi penghasilan Anda. Umumnya bank akan mampu memberikan kredit dengan kisaran 5 hingga 10 kali gaji bulanan Anda. Hal ini penting diketahui sehingga nominal pengajuannya bisa lebih masuk akal.

Standar penghasilan minimal

Bank punya kebijakan terkait standar penghasilan minimal yang bisa dipenuhi oleh KTA. Secara umum tidak ada patokan khusus karena setiap daerah memiliki standar minimal penghasilan yang berbeda tergantung dari UMR. Hal ini harus Anda pahami sehingga Anda tahu apakah Anda kemungkinan bisa mendapatkan pinjaman atau tidak.

Sesuaikan dengan kemampuan bayarnya

Hindari mengambil pinjaman lebih besar dari kebutuhan Anda karena hal ini akan sangat mempengaruhi keuangan jangka panjang Anda nantinya. Selain itu, sesuaikan tenor dengan kebutuhan dan kemampuan sehingga tidak terlalu memaksakan diri ketika pembayaran.

Ajukan memakai nama orang lain

Ada tips tambahan jika Anda takut kredit buruk Anda akan mempengaruhi persetujuan KTA nantinya maka Anda bisa mengajukannya dengan nama orang lain. Namun mengingat hal ini akan beresiko terhadap teman atau keluarga tersebut, maka Anda juga harus amanah sehingga nama baik mereka tetap terjaga.

Itulah beberapa hal yang harus Anda tahu untuk bisa mendapatkan pinjaman tunai tanpa jaminan. Memang ada perjuangan panjang sebelum mendapatkan pencairan dananya, namun jika Anda mampu memenuhi semua syarat dan bersikap kooperatif, bank juga tak akan sungkan menyetujui permohonan pinjaman Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*