Membayar Pajak Motor dengan Sistem Online Lebih Praktis, Mudah, dan Cepat

Spread the love

Membayar pajak motor merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan bermotor. Beberapa bulan yang lalu ada beberapa kabar yang mengatakan akan adanya kenaikan biaya pembayaran pajak kendaraan disetiap daerah. Ternyata hal tersebut ditepis langsung oleh pihak kepolisian dan langsung dilakukan klarifikasi. Bukan biaya pajak setiap tahunnya yang mengalami kenaikan tetapi hanya pada biaya administrasi misalnya pencetakan nomor kendaraan, pengurusan perpindahan motor, biaya admin dan lainnya. Kenaikan itu berlaku baik untuk mobil maupun motor yang ada di Indonesia.

Sebagai pemilik kendaraan tentunya perlu mengetahui hal-hal yang berkaitan mengenai kenaikan atau pembiayaan. Jika tidak tentunya saat melakukan pembayaran Anda tidak bisa mempersiapkan diri untuk membayar sesuai dengan ketentuan yang baru. Hal tersebut telah secara resmi diumumkan oleh pihak kepolisian, jadi secara otomatis Anda juga seharusnya telah memahami. Jika memang ada hal yang dirasa kurang berkenan atau kurang dipahami bisa langsung menanyakan kepada pihak yang lebih mengetahui untuk meminimalisir tersebarnya berita yang dijadikan isu simpang-siur di masyarakat. Jika berita yang tidak benar akan banyak beredar tentunya akan memberikan efek buruk pada pihak pengurusan perpajakan.

Sekarang ini untuk melakukan pajak bisa melalui langsung maupun melalui online, sistem online sudah dapat dilakukan dalam beberapa daerah. Hal tersebut memang ditujukan untuk mempermudah masyarakat melakukan wajib pajak kendaraan bermotor. Manfaat dari munculnya sistem online antara lain:

Pihak Samsat.

  • Akan lebih terlihat kondusif dalam kantor Samsat karena tidak terjadi lagi antrian panjang setiap harinya.
  • Lebih mudah untuk melakukan pengecekan secara cepat dan langsung terpusat.
  • Pemberian data kepada masyarakat lebih akurat jadi lebih mudah untuk merealisasikan dalam penerimaan pajak.
  • Meminimalisir kesalahan dalam sebuah informasi pajak.

Pihak wajib pajak.

  • Membayar pajak motorlebih praktis, mudah dan cepat,
  • Dapat membayar kendaraan bermotor pada satu kantor Samsat selama masih dalam lingkup satu provinsi. Jadi pemilik motor yang berada pada daerah perantauan tidak perlu lagi jauh-jauh untuk pengurusan pajak kendaraan bermotor.
  • Bisa mendapatkan informasi secara cepat dalam berbagai komponen, misalnya mulai dari biaya pajak, jumlah denda, waktu pembayaran yang ditentukan dan masih banyak lagi lainnya.

 

Sebagai masyarakat tentunya akan lebih dimanjakan dalam melakukan segala sesuatunya, tidak lagi harus antri-antrian adalah salah satu yang diimpikan. Selain dengan sistem online pihak Samsat juga terus melakukan pengembangan sistem pembayaran pajak yang lebih memudahkan masyarakat untuk menjalankan. Walaupun belum semua daerah bisa langsung merasakan kemudahan tersebut, paling tidak bisa mengurangi tingkat keramaian saat pembayaran pajak. Hal apa saja yang dilakukan pemerintah dalam upaya pengembangan pelayanan, berikut diantaranya:

Samsat keliling.

Ini sudah berlaku beberapa tahun terakhir disetiap daerah sudah banyak yang mengadakan Samsat keliling. Ini seperti halnya Samsat mobile yang memberikan pelayanan pembayaran pajak setiap tahunnya. Jika melakukan pembayaran seperti halnya penggantian nomor kendaraan atau lainnya tetap masih diurus ke kantor Samsat daerah.

Samsat malam.

Melakukan pembayaran pajak kendaraan pada malam hari ternyata salah satu solusi yang baik untuk warga yang sering disibukkan dengan kegiatan kantor dari pagi sampai dengan sore. Seperti halnya sistem Samsat keliling, ini hanya melayani bagi Anda yang ingin melakukan pembayaran pajak motor tahunan. Selebihnya tetap masih harus dilaksanakan di kantor Samsat yang ada didaerah-daerah. Pihak Samsat akan memberikan jadwal untuk stand diberbagai tempat keramaian pada malam hari. Untuk para warga yang ingin melakukan pembayaran bisa terlebih dahulu melihat jadwal tempat pihak Samsat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*