Cara Mengembangkan Kemampuan Kepercayaan Diri

Spread the love

Kita semua terlahir dengan keterampilan percaya diri. Sebagai anak-anak, kami sangat memikirkan diri kami sendiri dan kami tidak takut untuk menunjukkan bakat kami. Tapi, berkat orang tua, keluarga, guru, dan teman sebaya, kita perlahan kehilangan kemampuan untuk mempertahankan kepercayaan diri karena harga diri kita terpukul.

Kabar baiknya adalah kita bisa mengembangkan keterampilan percaya diri lagi – dan itu adalah keterampilan yang perlu dikembangkan. Keterampilan berarti kita memiliki kemampuan untuk melakukan sesuatu dengan baik, dan kepercayaan diri mengharuskan Anda untuk melakukan beberapa hal dengan sangat baik.

Terlibat dalam Pembicaraan Diri Sendiri Secara Positif

Cara Anda berbicara kepada diri sendiri mempengaruhi kepercayaan diri Anda dengan cara yang besar. Banyak dari kita cukup terampil untuk berbicara kepada diri kita sendiri secara negatif dengan meminimalkan kekuatan kita, menurunkan diri kita sendiri, dan berfokus pada kelemahan kita. Sayangnya, kebanyakan dari kita telah kehilangan kemampuan untuk memiliki dialog batin yang positif.

Akhir-akhir ini, self-talk positif telah dikaitkan dengan filosofi pemikiran baru, namun telah lama menjadi teknik yang diterima secara luas untuk menghentikan praktik negatif dan meningkatkan kepercayaan diri. Psikolog yang sangat dihormati secara terbuka berbicara tentang bagaimana mengubah dialog batin Anda dapat mempengaruhi kehidupan Anda secara besar-besaran.

Proses 3 Langkah Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Anda

  1. Dengarkan suara hati Anda. Banyak dari kita tidak benar-benar mendengarnya. Sebagai gantinya, kita menerimanya sebagai kebenaran dan membiarkannya mengendalikan hidup kita. Tapi suara hati kita hanyalah suara yang tidak selalu berbicara kebenaran. Ini mendapat pemikiran dari pengalaman yang kita miliki dan pengalaman saat ini yang kita alami. Saat Anda mulai mendengarkannya, seolah-olah itu adalah orang lain yang berbicara dengan Anda, maka Anda dapat mulai menjeda pembicaraan dan membedakan fakta dari bulu.
  2. Anda perlu mengenali mengapa Anda berbicara kepada diri sendiri secara negatif. Apa kekuatan pendorong yang membuat Anda mengalahkan diri sendiri atau menurunkan diri? Perlakukan diri Anda seperti Anda menjadi teman terbaik dan cobalah untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi. Mampu merefleksikan mengapa kepercayaan diri Anda begitu rendah dapat membantu Anda mengetahui kata-kata dorongan dan dukungan yang Anda butuhkan untuk mulai mengatakan pada diri sendiri.
  3. Mulailah mengucapkan kata-kata dorongan dan dukungan pada diri Anda, sama seperti Anda terhadap seorang teman. Bila Anda benar-benar mulai memandang diri Anda sebagai teman pribadi, maka secara alami Anda akan mulai melihat diri Anda dalam cahaya yang berbeda dan berbicara kepada diri sendiri secara berbeda.

Bila Anda menjadi pemandu sorak terkuat Anda melalui obrolan pribadi yang positif, Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas kemampuan Anda untuk merasa percaya diri terlepas dari apa yang terjadi dalam hidup atau apa yang orang lain katakan atau lakukan.

Hidup Sebagai Orang yang Percaya Akan Hidup

Anda mungkin pernah mendengar pepatah, ‘Memalsukannya sampai Anda berhasil!’ Ketika menyangkut kepercayaan diri, perkataan ini penting.

Anda harus mulai bertingkah laku dengan percaya diri jika ingin merasa lebih yakin tentang diri Anda. Sementara self-talk positif adalah penyumbang besar untuk mengembangkan kepercayaan diri, Anda tidak bisa duduk meringkuk dalam bola yang berbicara kepada diri sendiri secara positif dan berharap untuk benar-benar merasakan kepercayaan diri yang Anda inginkan.

Bagaimana Anda bisa memalsukannya sampai Anda membuatnya? Jangan melakukan apapun juga di atas yang akan mengirim Anda kembali ke tempat Anda memulai. Menjadi terlalu palsu akan menggosok orang dengan cara yang salah dan akan membuat Anda stres. Penting untuk melakukan hal-hal kecil yang membantu Anda merasa lebih baik tentang diri Anda dan kemampuan Anda.

Contohnya:

 

  • Dress untuk mengesankan. Mengenakan pakaian bagus yang melengkapi Anda akan langsung membuat Anda merasa lebih baik tentang diri Anda. Selain itu, akan mengesankan orang lain dan mereka akan memperlakukan Anda lebih baik. Meskipun kelihatannya sedikit dangkal, ini adalah teknik untuk meningkatkan kepercayaan diri yang ingin Anda gunakan.
  • Lakukan tindakan terhadap hal-hal yang Anda inginkan dalam hidup. Anda tidak harus mengambil tindakan besar, tapi itu harus menjadi semacam langkah yang membuat Anda lebih dekat ke tempat yang Anda inginkan. Misalnya, bekerja pada bakat yang ingin Anda kembangkan, bergabunglah dengan kelompok online yang menarik minat Anda, atau ambil buku dan mulailah belajar mengatasi masalah yang Anda alami. Setiap langkah yang Anda lakukan terhadap perbaikan diri akan membantu meningkatkan kemampuan Anda untuk percaya diri.

Pada akhirnya, ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan dalam mengembangkan keterampilan percaya diri, namun tips di atas benar-benar akan berdampak pada kehidupan Anda dan informasi selengkapnya dapat anda baca pada blog omdimas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*