Nikmatnya Menyantap Gudeg Pawon di Kala Malam

Spread the love

Saat berlibur di Yogya jangan lupa untuk menikmati dan menikmati kuliner khas Yogyakarta. Makanan khas Yogyakarta yang paling terkenal tentu saja gudeg. Kota ini dijuluki Kota Gudeg bukan tanpa alasan. Terdapat berbagai macam gudeg yang bisa ditemui oleh wisatawan dari para pedagang gudeg yang ada di kota ini. Dari pagi hingga malam hari wisatawan dapat dengan mudah mencari makanan satu ini. Wisatawan dapat dengan mudah melihat warug-warung gudeg yang ada di sudut-sudut kota lengkap dengan mereknya masing-masing. Terdapat berbagai pilihan antara lain gudeng Yu Jum, gudeg Yu Narni, gudeg Bu Ahmad dan gudeg-gudeg lainnya. Satu lagi gudeg yang saat ini sedang populer dan menjadi perbincangan hangat serta buruan para wisatawan adalah Gudeg Pawon.

Gudeg Pawon memiliki dua buah keunikan yang membuat banyak orang penasaran dan ingin merasakannya. Keunikan yang pertama adalah pengunjung yang ingin memakan gudeg ini harus rela berdesak-desakan di dapur sang pemilik gudeg ini. Sesuai dengan namanya yaitu Gudeg Pawon yang berarti gudeg dapur maka pengunjung harus menikmatinya di pawon atau dapur. Keunikan selanjutnya adalah Gudeg Pawon hanya buka di malam hari, tepatnya di tengah malam dimana kebanyakan warga telah tidur terlelap. Walau hanya buka di malam hari dan buka hanya selama 3 jam, warung yang didirikan oleh oleh Bu Prapto Widarso sejak tahun 1958 ini selalu ramai dikunjungi pembeli dari berbagai daerah. Penikmat makanan ini tidak hanya dari Jogja saja bahkan banyak yang berasal dari luar kota. Pelanggannya pun merata, terdiri dari berbagai kalangan, mulai dari mahasiswa, orang kantoran, pejabat, bahkan artis lokal maupun nasional.

Gudeg yang disajikan di tempat ini sebenarnya sama dengan gudeg-gudeg lainnya yaitu gudeg basah lengkap dengan sambal krecek dan dengan lauk ayam kampung. Perpaduan rasa gudeg yamg manis serta ayamnya yang empuk menciptakan rasa yang lezat dan nikmat sehingga banyak orang yang rela datang malam-malam untuk menikmati kelezatan makanan ini. Untuk menikmatinya pengunjung terlebih dahulu antre di dapur demi mendapatkan sepiring gudeg. Walau harus antre, banyak yang tetap datang demi merasakan makanan yang enak ini.

Lokasi:

Warung Gudeg Pawon berada di Jl. Janturan UH/IV No. 36, Warungboto, Umbulharjo, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tips Berwisata:

  1. Gunakan baju yang hangat untuk mengusir dinginnya malam.
  2. Bersabarlah saat menunggu pesanan.
  3. Antre yang rapi dan tertib.
  4. Jagalah kebersihan.

sumber: paket wisata jogja

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*