Cara memilih baju batik untuk pria

Spread the love

Batik mulai menjadi trend berpakaian pada masa kini. Karena model batik yang semakin di inovasikan para perancang busana yang hebat. Karena itu model batik tidak itu-itu saja.

Untuk baju batik pria jika anda ingin mengenakan batik, nah anda harus tahu bagaimana cara memilih baju batik untuk anda semua , diantaranya ada lah sebagai berikut :

  1. fitting/ukuran

ukuran atau fitting pada batik biasanya yang selalu menjadi problem. banyak batik yang sudah jadi siap pakai mempunyai ukuran yang buruk. terlalu lebih ke samping, lengan yang terlalu lebar/panjang dan masih banyak lagi.

ukuran menjadi hal yang utama dalam memilih batik, karena seperti yang sudah dijelaskan pada artikel kami sebelumnya, “fit is king“. fit yang dimaksud disini adalah bukan memakai batik yg super ketat tetapi batik yang pas sesuai bentuk tubuh anda, tidak kebesaran dan tidak kekecilan.

perlu diketahui juga style saat memakai batik kebanyakan diperuntukan memakai baju batik yang dikeluarkan, tidak dimasukan dalam celana (untucked). oleh karena itu perlu diperhatikan agar tidak terlalu panjang atau terlalu pendek.

gak peduli seberapa mahal batik yang anda pakai, jika itu tidak pas di badan anda maka penampilan andalah yang akan terlihat “murah”

  1. warna

secara garis besar dalam batik itu terdiri dari warna “tanah” dan warna motif/corak batik. yang perlu diperhatikan dalam memilih warna batik adalah warna dominan dasar batik atau biasa disebut background / “tanah”. warna dasar inilah yang bisa digunakan patokan anda ketika memilih batik untuk dapat dipadu padankan dengan pakaian lainnya.

warna gelap atau terang tergantung pilihan anda untuk acara yang anda kunjungi. untuk acara kasual anda bisa menggunakan warna-warna yang cerah, seperti merah, kuning, atau ungu. sedangkan untuk acara formal anda bisa memilih warna yang lebih gelap atau monokrom (hitam/putih).

  1. bahan

yang membedakan kualitas dari suatu batik adalah bahan untuk membuat batik, yang terdiri dari bahan kain dan cara membatik. bahan kain untuk batik beragam dari kain sutra sampai katun biasa. sutra menjadi pilihan bahan yang berkualitas untuk membuat batik kelas high end. sutra memang lebih nyaman untuk dipakai tetapi harganya biasaya lebih tinggi dibandingkan dengan bahan biasa. selain bahan kain untuk batik, cara membatik-pun bisa menjadikan harga batik yang lebih tinggi, misalnya batik tulis mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan batik lukis. hal ini harus diperhatikan ketika memilih batik dan sesuaikanlah dengan budget anda. tidak selamanya batik tulis berkain sutra dapat membuat anda tampil lebih keren daripada batik lukis berkain katun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*