JURNAL PENUTUP PERUSAHAAN DAGANG

Spread the love

Materi akuntansi dagang merupakan materi akuntansi yang menarik untuk dipelajari. Mengap menarik? Karena materi akuntansi perusahaan dagang ini sering kita temukan dalam dunia bisnis sehari-hari, atau bahkan jika orang tua anda adalah seorang pengusaha atau wirausahawan maka anda dapat langsung melihat materi akuntansi dagang dipraktikan langsung dalam dunia usaha.

Salah satu dari materi akuntansi dagang adalah materi tentang jurnal penutup. Apakah jurnal penutup itu? Nah untuk memahami tentang jurnal penutup sebaiknya anda simak pembahasan artikel ini dengan baik.

a. penafsiran jurnal penutup (closing entry)

pada prinsipnya trik membikin harian penutup buat industri dagang tidak berubah dengan membikin harian penutup pada industri jasa. pada akhir periode, saldo buat ditaksir/account sedangkan (ditaksir pemasukan, beban, dan juga prive) wajib dipindahkan ke ditaksir senantiasa, ataupun ditutup dengan penataan harian penutup.

jadi, harian penutup merupakan harian buat memindahkan saldo ditaksir sedangkan ke ditaksir senantiasa pada akhir periode akuntansi. tujuannya buat mengenolkan seluruh saldo ditaksir sedangkan, berikutnya dipindahkan ke ditaksir modal (untuk industri perseorangan ataupun persekutuan) ataupun ke ditaksir laba yang ditahan (untuk industri perseroan/pt). sedangkan itu, sumber informasi buat penataan harian penutup berasal dari kertas kerja/neraca lajur pada kolom laba rugi dan juga kolom neraca buat account prive ataupun dividen.

 b. langkah-langkah dalam pembuatan jurnal penutup

sebagaimana yang kalian tahu dalam penataan harian penutup pada industri jasa, buat menyusun harian penutup industri dagang meliputi langkah-langkah bagaikan berikut.

  1. menutup seluruh account pemasukan, dengan trik mendebit account pemasukan dan juga mengkredit account ikhtisar laba/rugi. harian penutupnya merupakan:
  2. menutup seluruh account beban, dengan trik mendebit account ikhtisar laba/rugi dan juga mengkredit account beban. harian penutupnya merupakan:
  3. menutup account ikhtisar laba/rugi, buat account ini ada 2 mungkin, ialah:
  4. bila industri mendapatkan laba

laba diperoleh bila account ikhtisar laba/rugi sebelah kredit lebih besar dari account ikhtisar laba/rugi sebelah debit. harian penutupnya merupakan

  1. bila industri mengidap rugi

kerugian dialami bila account ikhtisar laba/rugi sebelah debit lebih besar dari account ikhtisar laba/rugi sebelah kredit. harian penutupnya merupakan:

4. menutup account prive, dengan trik mendebit account modal owner dan juga mengkredit account prive owner.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*