Kebanyakan Masyarakat Perkotaan Memilih Kredit Avanza Dibandingkan MPV Lainnya

Spread the love

Mobil saat ini memang menjadi salah satu kebutuhan sekunder bagi sebagian orang  dan bukan lagi kebutuhan mewah. Di jaman yang sudah semakin maju ini, orang-orang semakin tergerak untuk maju dan hidup modern. Dengan semakin mudahnya sistem jual-beli kendaraan, seperti kredit atau take over, membuat orang-orang kelas menengah pun mampu untuk membeli kendaraan yang mereka inginkan yang tentunya juga nyaman dan sangat memudahkan mereka dalam melakukan aktifitas sehari-hari seperti pergi ke kantor, mengantar anak ke sekolah, mengantar orang tua ke rumah sakit, ataupun pergi liburan bersama keluarga besar. Terlebih lagi pelayanan transportasi umum yang kurang maksimal dan juga tidak begitu memberikan rasa nyaman dan aman saat ini.  Oleh karena itu, banyak orang yang lebih memilih untuk memiliki kendaraan pribadi. Tak terkecuali dengan Anda, Anda pasti juga ingin memiliki mobil idaman yang ingin Anda beli, entah itu dengan pembayaran secara cash ataupun kredit.

Membeli mobil dengan cara kredit sudah sangat lumrah bagi masyarakat sekarang ini. Bahkan tak sedikit dari orang berada atau istilahnya orang menengah keatas yang lebih memilih untuk membeli mobil idaman mereka dengan cara kredit. Mudahnya sistem pembayaran dengan cara kredit menjadi pertimbangan utama bagi sebagian orang. Ditambah lagi banyak dealer mobil yang menawarkan hadiah menarik jika membeli mobil dengan cara kredit ketimbang secara cash. Hal semacam itulah yang membuat calon pembeli semkain tergiur dengan tawaran yang cukup menarik itu.

Kenapa harus kredit?

Jika kita survey dan bertanya kepada sebagian orang yang membeli mobil secara kredit “kenapa harus membeli mobil dengan sistem kredit tidak secara tunai?”. Jawaban mereka sangat beragam, dan data berikut adalah jawaban yang paling sering ditemui:

Mungkin memang saat ini kebutuhan mobil sangat diperlukan tetapi kami juga harus memikirkan kebutuhan primer yang lain. Jika membeli mobil secara tunai kami tidak bisa mengatur kebutuhan yang lain karena harus mengeluarkan biaya yang cukup besar dalam satu waktu.
Mobil sangat diperlukan oleh setiap anggota keluarga tetapi harga mobil di Indonesia juga tidak terlalu bersahabat dengan gaji bulanan setiap pekerja Indonesia. Misalkan saja harga 1 mobil saja yang paling murah 100 juta dan ada bisa mencapai 200 juta, sedangkan gaji rata – rata pekerja di Indonesia adalah 5 juta rupiah/bulan. Jika kita ingin membeli mobil secara tunai bisa dibayangkan berapa tahun kami harus menabung. Tidak mungkin setiap bulan kita menabung 5 juta karena masih ada kebutuhan yang lain yang harus dipenuhi terlebih dahulu, apa lagi buat orang yang sudah berkeluarga pasti akan sulit.
Jika kami ditanya apakah mobil sangat perlu? Tentu kami akan menjawab “iya”. Mobil sangat diperlukan, tetapi untuk membeli mobil kita sudah menabung dan tabungan kita hanya cukup untuk membayar DP atau uang muka. Maka dari itu sistem kredit kita pilih untuk melunasi harga sisa pembayaran mobil.
Ada juga yang menjawab memilih kredit mobil karena tergiur oleh tawaran yang diberikan. Sekarang banyak perusahan – perusahaan yang menawarkan jasa pembiayaan mobil. Tidak hanya perusahaan tapi sekarang dealer pun juga menawarkan sistem jasa ini. Tentu saja perusahaan – perusahaan itu harus menarik pelanggan dengan berbagai tawaran seperti cicilan yang murah, bunga 0% atau tanpa bunga dan ada juga yang menawarkan dengan undian berhadiah. Oleh karena itu konsumen yang tidak tertarik untuk membeli mobil jadi tertarik karena tawaran – tawaran yang diberikan.
Tips penting bagi Anda sebelum mengajukan kredit mobil

Tentukan jenis dan tipe mobil
Jika Anda belum menentukan dengan pasti mobil apa yang akan Anda beli, jika perlu lakukan survey kecil untuk mencari jenis dan tipe mobil apa yang sesuai dengan mobil yang Anda butuhkan. Ada bebrapa tipe mobil yang tersedia seperti mobil keluarga, mobil sport, mobil jenis sedan, dan masih banyak lagi lainnya. Jangan asal dalam memilih mobil, banyak orang lebih memilih model ketimbang dengan fungsinya, oleh karena itu ada baiknya jika Anda mendiskusikan terlebih dahulu dengan keluarga Anda mobil jenis apa yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perlu anda ingat dalam memilih mobil anda harus memilihnya dengan sesuai dengan tempat tinggal anda apakah anda tinggal di pedasaan atu perkotaan. Kebanyakan orang perkotaan akan lebih memilih mobil dengan bak di bagian belakang sedangkan masyarakat daerah perkotaan akan lebih memilih city car atau mobil keluarga.

Cari perusahaan leasing yang mengerti kebutuhan anda
Banyak sekali perusahaan leasing di luaran sana yang tentunya menawarkan sistem kredit mobil yang menggiurkan. Tetapi, sebagai masyarakat yang pintar carilah perusahaan leasing yang mendengar tentang keluh kesah anda. Perusahaan leasing yang baik akan memberi solusi tentang kredit mobil anda dan juga cobalah beberapa review dari pelanggan sebelumnya. Janganlah cari perusahaan leasing yang mempersulit anda dengan dokumen – dokumen yang harus diajukan. Yang terakhir, carilah peeusahaan leasing dengan bunga cicilan yang rendah.

Keuntungan dan kerugian kredit mobil

Kebanyakan masyarakat akan bilang bahwa dengam kredit mobil lebih banyak kerugiannya, “apakah itu benar?”. Semua orang bilang kerugian kredit mobil dikarenakan selisih antara membeli tunai dengan membeli sistem kredit sangat jauh. Mari kita akumulasikan. Misalnya saja harga mobil 100 juta dengan uang muka 30% persen dan dibayar dengan sistem kredit selama 3 tahun dengan bunga 10%/bulan. Berarti harga tunai dikurangi DP tinggal 70 juta. Sisa pembayaran dibagi 36 bulan ditambah bunga/bulan, berarti cicilan perbulan anda sekitar 2,5 juta. Jika membayar 2,5 juta maka hasil cicilan selama 3 tahun adalah 90 juta berarti ada selisih sekitar 20 juta jika membayar tunai. Itulah merupakan kerugian uang Anda.

Bagaimana dengan keuntungannya? Kalau boleh saya katakan sebenarnya kredit mobil itu lebih menguntungkan. Bagaimana bisa? Mari kita lihat:

Dengan hanya membayar uang mukanya saja dan sisa pembayaran dibayarkan dengan mencicil, Anda bisa membawa pulang mobil Anda dan bisa langsung digunakan.
Untuk pembisnis mobil yang dibeli dengan sistem kredit bisa dijadikan untuk bisnis seperti: menyawakan mobil tersebut. Dimana nantinya uang hasil sewaan bisa dipakai untuk membayar cicilan mobil
Dan juga walaupun mobil dibeli dengan sistem kredit tetepi Anda tetap bisa mendapatkan asuransi. Kebanyakan dealer mobil akan menganti mobil Anda yang hilang dengan yang baru tanpa harus membayar dari awal lagi. Menyenangkan bukan?
Dengan sistem kredit juga Anda bisa mengatur pengeluaran bulanan Anda. Anda juga bisa berhemat atau menabung.
Bagaimana? Bukankah keuntungan lebih banyak daripada kerugian. Jika kerugian hanya 20 juta saja itu tidak sebanding dengan keuntungan yang ditawarkan.

Kenapa harus kredit Avanza?

Setelah kita membahas kerugian dan keuntungan sistem kredit, mari kita bahas tentang perilaku masyarakat perkotaan yang lebih memilih kredit Avanza, kenapa harus Avanza? Toyota adalah sebuah perusahaan perakitan mobil di Jepang sudah terkenal hampir di seluruh di Indonesia. Toyota telah menciptakan mobil – mobil yang berkualitas. Dan inilah kemungkinan – kemungkinan yang terjadi mereka memilih Avanza dengan sistem kredit:

Mobil merek Avanza dibandrol dengan harga tidak murah. Harga Avanza yang termurah saja sekitar 200 juta. Maka dari itu tidak ada pilihan lain selain menggunakan sistem kredit.
Mungkin karena ukuran mobil yang besar dan cukup untuk keluarga besar. Menjadi daya tarik tersendiri kenapa kebanyakan orang memilih Avanza.
Toyota terus mengembangkan mobil – mobil produksi mereka. Dengan melihat daerah tempat tinggal mereka yaitu perkotaan. Mobil Avanza sangat cocok dan juga ramah lingkungan. Tidak akan menambah polusi udara di perkotaan.
Menurut pramuniaga dari dealermobiltoyota.co.id dikatakan bahwa kredit Avanza dapat dilakukan hampir diseluruh perusahaan – perusahaan leasing di Indonesia. Lagipula Toyota juga sudah bekerja sama dengan beberapa dari perusahaan itu untuk mempermudah proses pengajuan kredit.
Jika kita survey, kebanyakan dari mereka bilang “kenapa beli Avanza?” Karena mereka tergiur dengan merek tersebut. Seperti kita tahu Avanza sudah sangat dikenal hampir diseluruh Indonesia. Tidak heran mereka mementingkan merek dari pada jenis mobil MPV lainnya, tentu ini tidak lepas untuk memamerkan tingkat status mereka.
Banyak juga yang bilang biaya perawatan Avanza sangat murah dan mudah.
Itulah beberapa kemungkinan kebanyakaan orang terutama yang tinggal di daerah perkotaan lebih memilih Avanza. Sebenarnya tidak hanya daerah perkotaan saja yang bisa mengajukan kredit Avanza daerah pedesaan pun juga bisa. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*