3 Tips Mudah Belajar Elektronika Bagi Pemula

Spread the love

1.Menguji dan menilai bagian elektronika

Hal yang betul-betul penting dijalankan sebelum merangkai sebuah proyek elektronika(rangkaian) yaitu menguji dan menilai bagian terlebih dulu apakah kondisinya masih baik dan besarnya cocok dengan keperluan, sebab apabila ada salah satu bagian rusak maka rangkaian tersebut tak akan berkerja dengan bagus.Untuk menguji dan menilai bagian elektronika dibutuhkan sebuah alat yang bernama multimeter(AVO meter).Oleh karenanya apabila anda akan belajar elektronika mesti mempelajari metode memakai multimeter untuk menguji dan menilai bagian elektronika.
2.Rangkaian Elektronika Sederhana

Inti dari belajar elektronika dasar yaitu anda sanggup merakit dan memperbaiki sebuah rangkaian elektronika melainkan untuk pemula sebaiknya dimulai dengan rangkaian yang gampangdulu apabila telah tahu dasar-dasarnya barulah mencoba rangkaian yang lebih komplek. Semisal rangkaian Lampu flip flop,Bel,Sirine adalah rangkaian simple.

3.Belajar tentang PCB.

Untuk membuat sebuah proyek elektronika selain memerlukankomponen , diperlukan juga cara konstruksinya atau media untuk merangkai komponennya.Media yang biasa dipakai yaitu PCB(Printed Circuit Board/Papan rangkaian tercetak) oleh sebab itu Anda juga mesti mempelajari PCB,Bahan baku PCB terbuat dari pertinaks yang dilapisi degnan tembaga tipis.Dipasaran sendiri tersedia PCB siap pakai untuk beragam proyek elektronika semisa amplifier,tone control,radio,pre amp Mic,Pemancar,power supply dan lain lain. PCB yang telah jadi ada anda perlu juga mempelajari metode membuat PCB sendiri sebabterkadang anda mestimembuat PCB sendiri.

Demikianlah 3 tips mudah yang cocok untuk anda yang sedang belakjar elektronika, jika anda ingin mahir elektronika, anda dapat mengikuti kursus elektronika di semarang. Dengan mengikuti kursus elektronika maka anda dapat lebih intensif mempelajari elektronika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*