wisata kuliner di solo yang di buru wisatawan

Spread the love

Di Solo tidak hanya ada wisata sejarah wisata alam, tetapi juga ada wisata kuliner. Berikut ini beberapa tempat untuk wisata kuliner Solo.

  1. Pecel Ndeso di Warung Pecel Solo

Warung Pecel Solo, tak hanya menyajikan kuliner tradisional tetapi juga memanjakan pengunjung dengans nusansa etnik khas Solo. Menu special di retoran ini adalah pecel ndeso, nasi merah yang dipadukan dengan daun bayam, daun kenikir daun papaya, kembang turi dan jantung pisang dicampur dengan sambel pecel yang terasa pedas manis. Di pecel Ndeso juga menyedian minuman khas yaitu seperti Temu lawak, dll. Yang dapat disajikan dingin maupun hangat.

  1. Srabi Notosuman

Serabi Notosuman terkanal sejak 1923, Serabu Notosuman adalah makanan khas solo yang menjadi primadona di kalangan para pelancung. Serabi lembut dengan bagian pinggir yang renyah ini merupakan oleh oleh utama dari solo. Srabi notosuman terbuat dari tepung beras dan santan, yang kemudian di masak dalam cetakan kecil di atas tungku. Srabi Notosuman punya dua varian rasa, polos dan coklat.

  1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Nasi Liwet merupakan makanan khas solo yang wajib di coba. Warung nasi liwet ini sudah berdiri sejak tahun 1950 hingga saat ini dikelola oleh cucu dari bu Wongso lemu. Nasi ini berisi Nasi yang gurih, suwiran ayam, telur rebus, sayur labu dan areh. Saat yang cocok untuk menikmati Nasi Liwet ini adalah saat sore menjelang malam hari. Setiap harinya warung ini buka dari jam 4 sore hingga jam 1 dini hari.

  1. Es Dawet Telasih

Es dawet ini terdapat di Pasar Gede Solo, di sana ada penjual es dawet yang sudah terkenal. Hanya 5 ribu rupiah bisa menikmati semangkuk es yang berisi bubur ketamn hitam, bubur sumsum, tape ketan, cendol, dan biji telasih. Es dawet  enak disajikan saat siang hari  dan es dawet ini menjdai buruan para pelancong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*