Spesifikasi Desain Dan Keunggulan Samsung Galaxy J7 Prime

Spread the love

Untuk kesekian kalinya Samsung meluncurkan smartphone yang menawarkan fitur kamera selfie terbaik. Produk yang diberi nama “Galaxy J7 Prime ini” merupakan edisi terakhir dari seri Galaxy J yang cukup populer sejak 2015. Sesuai dengan tambahan “Prime” di belakangnya, produk ini dilengkapi fitur-fitur lain yang lebih lengkap dan untuk konektivitas internetnya sudah dibekali dengan teknologi 4G LTE

Fitur baru lainnya pada Samsung Galaxy J7 Prime adalah Fingerprint Sensor yang berfungsi untuk autentifikasi antara lain untuk membuka lock screen dan mengunci file pada Private Mode. Kembali ke kamera, smartphone ini memiliki kamera beresolusi 8 megapixel yang sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan foto selfie dan juga mengakses video call.

Samsung Galaxy J7 Prime memasang fingerprinet sensor pada sisi depan tepatnya pada tombol home. Meski berukuran layar 4,4 inci sebagaimana generasi-generasis ebelumnya, pada Samsung Galaxy J Prime resolusi layarnya sudah Full HX 1080 x 1920 pixel dan kepadatan mencapai 401 per inci. Tentu saja hasil gambarnya lebih datail dan tajam.  Layar smartphone ini dilengkapi dengan pelindung lapisan kaca Corning Gorilla Glass 4. Smartphone ini memiliki panjang 151,5mm, lebar 74,9 mm dan ketebalan 8,1 mm. Bodinya lebih bergaya dengan balutan metal berwarna hitam atau emas. Bukan saja itu, Galaxy J7 Prime terasa sangat elegan saat digenggam dan juga nyaman dioperasikan dengan bobot hanya 161 gram.

Layar smartphone mengadopsi teknologi Super Amoled Display berkedalaman hingga 16 juta warna. Processor Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan chipset Xynos 7870 berpadu dengan processor Octa Core 1,6 Ghz Cortex A54 dan GPU Mali T830MP2. Spesifikasi hardware ini tentu menjamin performa smartphone yang cepat dan mampu mengoperasikan beberapa aplikasi dan game sekaligus tanpa kendala. Faktor penunjang lainnya adalah RAM dengan kapasitas 3GB dan memori internal berkapasitas 32GB. Di samping itu smartphone ini meneydiakan slot memori eksternal yang bisa dimasuki memory card hingga berukuran 256 GB.

Untuk sistem operasinya Samsung menggunakan Android Marshmallow dengan balutan antarmuka TouchWiz UI.  Dengan software ini Samsung memiliki tampilan yang khas dan berbeda dari produk-produk smartphone lain.  Samsung Galaxy J7 Prime memiliki batereai dengan kapasitas 3300 mAh di mana pihak Smasung mengklaim baterei ini bisa bertahan selama 20 jam waktu bicara dan untuk waktu standby bisa berlangsung hingga 350 jam. Keekonomisan baterei samsung tentu sudah dikenal dan Samsung Galaxy J7 Prime ini bisa dipakai ebrmain game atau berkomunikasi dengan nyaman

Soal harga tentu para konsumen bertanya-tanya mengapa Samsung Galaxy J7 Prime dibanderol dengan harga yang boleh dibilang mahal. Sebelum sampai ke pembahasan soal harga ada baiknya diingatkan kembali fitur-fitur unggul yang menyertai smartphone ini. Yang paling utama adalah tentu saja kamera pada ponselnya. Jika untuk kamera depan saja Samsung berani memasang kamera beresolusi 8 megapixel tentu para pecinta selfie tidak akan melewatkan perhatiannya pada smartphone ini. Ukuran 8 megapixel sudah mampu menghasilkan gambar-gambar selfie yang tajam dan bagus. Pada kamera belakang, Samsung menggunakan kamera beresolusi 13 megapixel dengan aperture berukuran f/1.0, fitur autofocus dan LED Flash. Fitur-fitur ini membuat Samsung Galaxy J7 Prime mampu mengabadikan momen dengan kondisi low light ataupun pada siang hari. Mungkin yang menjadi pertanyaan para fans Samsung adalah mengapa smartphone ini tidak menyertakan fitur OIS. Kemungkinan besar ini terait dengan ongkos produksi di mana Samsung berniat memangkas harga Samsung Galaxy J7 Prime lebih murah sehingga lebih kompetitif.

Untuk kebutuhan berselancar di dunia maya, Samsung Galaxy J7 Prime menggunakan teknologi 4G LTE Cat4 berkecepatan unduh 150 mbps dan unggah 50 mbps sehingga dipastikan aktivitas di dunia maya berjalan mulus. Kecuali memang tentunya jika online di daerah dengan jaringan sinyal lemah. Untuk konektivitas nirkabel Samsung Galaxy J7 Prime memiliki fitur Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.1, dan navigasi GPS A-GPS juga Glonass. Tak cukup di situ, Samsung juga melengkapi dengan port micro USB 2,0 untuk mendukung konektor USB-OTG. Yang absen dari Samsung Galaxy J7 Prime adalah fitur NFC sehingga metode pembayaran Samsung Pay tidak didukung oleh smartphone ini.

Sebenarnya smartphone ini baru resmi di pasarkan di Vietnam. Kemungkinan besar saat dipasarkan di Indonesia harganya tak jauh beda dengan harga yang berlaku di Vietnam. Samsung mematok banderol Samsung Galaxy J7 Prime pada kisaran USD 280 atau jika dirupiahkan akan berkisar pada sekitar Rp, 3,5 – 3,7 jutaan.

Secara umum bisa disimpulkan kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan Samsung Galaxy J7 Prime sebagai berikut:

 

Kelebihan:

  • Body yang terbuat dari bahan metal memberi kesan anggun dan elegan
  • Kamera belakang 13 megapixel dan kamera depan 8 megapixel, dengan fitur LED Flash dan Aperture berukuran f/1.9 sangat memuaskan bagi penggemar selfie.
  • RAM 3GB dan prosesor Octa Core menjamin operasi yang lancar.
  • Fitur fingerprint sensor demi keamanan yang lebih. Tak ada yang mampu mengakses atau mengutak atik HP ini selain si pemilik HP.
  • Baterai berkapasitas besar. Mampu bertahan hingga 20 jam untuk waktu bicara dan tentunya cukup nyaman bagi pengguna untuk menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dan juga bermain game.
  • Konektivitas mendukung dual sim dan 4G LTE. Kemampuan unduh dan unggah cukup cepat dengan teknologi 4G LTE ini serta pemasangan dual sim tentu akan memberi kenyaman tersendiri bagi pengguna.
  • resolusi full HD pada layar 4,4 inci dan berpelindung Corning Gorilla Glass. Ini merupakan fitur penting karena kedalaman warna yang dihasilkan akan berpengaruh pada tampilan gambar yang tajam dan detail.

Kekurangan:

  • Belum ada NFC, jadi sistem Samsung Pay tidak tersedia pada smartphone ini.
  • Belum ada fitur Fast Charging. Sebenarnya fitur ini tidak terlalu penting untuk pemakaian normal karena seperti disebutkan di atas baterai Samsuing Galaxy J7 Prime memiliki daya tahan yang sangat lama. Namun, seiring dengan tingginya pemakaian smartphone terutama untuk kebutuhan berinternet atau gaming,  fitur Fast Charging ini semakin dituntut oleh para konsumen.
  • Harga yang relatif mahal. Sebenarnya kata mahal itu sendiri relatif. Untuk produk-produk unggulan seperti Samsung biasanya harga mahal tidak terlalu menjadi masalah. Lagi pula, harga jual kembali produk-produk Samsung masih tinggi.

Demikianlah ulasan tentang Samsung Galaxy J7 Prime. Kehadiran fitur-fitur antara lain Fingerprint Sensor dan upgrade spesifikasi disebut-sebut menjadi faktor yang menyebabkan harga jual Samsung Galaxy J7 Prime masih tergolong mahal. Namun, mahalnya harga ini tentu saja berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan. Selain memiliki fitur kamera yang mempuni bagi para penggemar Selfie Galaxy J7 Prime juga menawarkan performa yang didukung oleh preocessor Octa Core dan Ram 3GB. Kemungkinan besar harga jual smartphone ini tak jauh beda dari harga yang dibanderol oleh Samsung untuk pasar Vietnam.

sumber: http://www.infohpsamsung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*