Cara Rayap Menghancurkan Kayu

Spread the love

Mengapa rayap dapat menghancurkan kayu dengan mudah? Hal ini sering menjadi pertanyaan bagi kita karena rayap merupakan hewan yang kecil dan mengapa bisa menghancurkan kayu yang keras. Rayap memiliki kandungan enzim yang dihasilkan dari flagelata yang dapat memudahkan dalam mengunyah dan menghancurkan kayu. Kayu dari berbagai jenis dan kekerasannya. Untuk lebih jelasnya mari kita simak uraian berikut tentang cara rayap menghancurkan kayu.

Kegunaan Enzim Pada Rayap

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Dalam rayap menghancurkan kayu tersebut sangat mudah karena mendapat bantuan dari enzim yang dihasilkan flagelata dalam tubuh rayap. Flagelata itu sendiri merupakan organism kecil bersel satu yang dapat menghasilkan enzim selulose yang dapat digunakan rayap untuk menghancurkan kayu yang akan dimakannya. Bentuk ini merupakan bentuk simbiosis mutualisme dimana flagelata mendapatkan makanan dan tempat perlindungan didalam rayap sedangkan rayap dengan bantuan flagelata dapat dengan mudah menghancurkan kayu. Ada beberapa fakta dari berbagai sumber jika rayap dapat memakan dan menghancurkan kayu sekeras apapun kecuali ada beberapa kayu yang tidak disenangi oleh rayap. Beberapa kayu tersebut memiliki senyawa yang tidak disenangi oleh rayap.

Rayap Hewan yang Merugikan

Rayap sebenarnya adalah hama yang merugikan bagi pengrajin furniture kayu. Banyak yang mengeluh saat musim hujan diserang oleh koloni rayap ini. Rayap dapat menghancurkan dan memakan perabot dari kayu tersebut. Ada yang lebih berbahaya lagi dari rayap, rayap memakan kayu dan menghancurkannya dari bagian dalam kayu tersebut. Rayap melubangi kayu yang akan dihancurkannya dan masuk membuat rongga didalam kayu. Kita tidak bisa tahu kayu tersebut sudah rusak atau belum tetapi sering kali kita mengetuk kayu dan di dalamnya terdengar keropos. Rayap memang sangat merugikan dalam hal ini. Cara rayap menghancurkan juga dengan rombongan yang besar bahkan sekali berangkat rayap dapat membawa hingga ratusan rayap pekerja. Dalam semalam jika anda lengah sedikit saja, maka kayu atau perabot anda dapat dijadikan santapan oleh rayap. Cara yang unik dari rayap untuk menghancurkan kayu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*